Senin, 27 Juni 2011

Cara menciptakan pikiran positif

Sikap negatif yang amat menghambat keberhasilan ini semuanya berakar dari sikap mental kita . dan hal ini dapat menyakitkan orang lain sehingga kita dalam bertindak dan berbicara harus selalu punya prinsip positif. Contoh perbuatan negatif adalah erus mengkritik , mempermasalahkan dan mengeluh. Kritik membangun tentu saja diperlukan bagi pertumbuhan seseorang tetapi kritik yang kontroktif itu jarang sekali. Kritik biasanya destruktif : merusak, mudah sekali kita dapat menemukan kesalahan dalam karya orang lain. Orang sangat bodohpun masih bisa menemukan kesalahan itu.

Orang yang negative akan terus mencari yang negative :seperti kegagalan orang lain, cerita pemerkosaaan penceraian, kecelakaan dan kebangkrutan . mereka tidak menyadari akibat buruk apa yang dapat timbul dari tindakannya padahal sudah terbukti berkali kali bahwa orang yang bersikap positif lebih jarang sakit dari pada orang yang bersikap negative.

Beberapa gagasan untuk dikembangkan :
1. Anda harus memahami sendiri mengenai apa yang sungguh sungguh negative namun ingatlah kritik konstruktif bukan hal yang negative.
2. Coba renungkan kembali apa yang anda bicarakan dengan orang lain selama satu hari tadi apakah anda bersikap negative atau kah berbicara negatif dan apa keuntungannya dan kerugiannya.?
3. Periksalah pikiran anda dan jalan pikiran anda, ingat kalau anda berfikir secara negative maka yang rugi adalah anda sendiri maka hilangkan pikiran pikiran ini buang jauh jauh. anda mampu untuk iuntuk berfikir positif. Pikiran anda akan tanggap dan sangat kuat apa bila anda membuang pikiran yang negative.
4. Anda harus belajar untuk mengebalkan diri anda dari hal hal negative dari orang lain, anda dapat melakukan hal ini secara terus menerus mengenali makna kritik yang negative sehingga bisa membedakan mana pembicaraan yang benar.
5. Setiap kali periksalah keadaan diri anda, anda harus bertanya berada dimanakah anda, bila didalam lingkungan yang salah maka bicaralah dengan orang yang positif, tinggalkan lingkungan itu dan bergabunglah dengan orang orang yang memiliki gagasan positif dan kontruktif. Bergabunglah dengan orang yang membuat anda lebih berhasil
6. Bilamana sikap negative orang lain telah memasuki diri anda katakan pada diri anda sendiri mengapa ia mengatakan hal itu, anda harus selalu ingat tidak ada orang positif yang tidak dapat memetik hikmah dari pandangan orang lain.

7. Kalau ada orang yang mengutarakan sesuatu yang sungguh sungguh negative jangan ditanggapi serius tanggapilah secara jenaka.

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/careers/2076732-cara-menciptakan-pikiran-positif/#ixzz1QTzIEBB5

Tidak ada komentar: